Wednesday 11 May 2016

Kisah Acha Septriasa kuliah di Malaysia, dapat beasiswa penuh

Kisah Acha Septriasa kuliah di Malaysia, dapat beasiswa penuh
Acha Septriasa
Tak banyak orang tahu kalau Acha Septriasa dulu kuliah di Malaysia dengan beasiswa penuh. Jika ditotal, ia hanya membayar sekitar 20 persen dari seluruh biaya kuliahnya selama di Negeri Jiran.

"Itu dikit banget. Aku bayar pake duit sendiri lagi. Aku belajar ada film jurnalism, nulis berita, belajar IT, advertising juga. Semua itu aku lakukan," ujar Acha kala ditemui belum lama ini.

Beasiswa yang diterima Acha membuat aktris bintang film MARS itu tak perlu pusing biaya kuliah. Ia hanya dituntut untuk belajar karena tak boleh dapat nilai jelek.

"Dulu sih perjuangannya paling nggak boleh dapat C karena beasiswa," ungkapnya.


Bagi Acha, pendidikan dan karir haruslah seimbang satu sama lain. Meski demikian, kuliah adalah pilihan masing-masing. Karena tak semua orang yang tidak kuliah gagal di karirnya.

"Itu hak semua orang sih (kuliah atau nggak). Cuma menurut aku, nggak ada kata terlambat untuk kuliah atau sekolah. Menurut aku, ada juga kok orang-orang yang nggak sekolah atau kuliah tapi punya pengetahuan dan nggak berhenti baca. Lama-lama dia bakal sukses juga. Karena learning by doing. Yang kayak gitu tuh, kita juga bisa belajar dari kesalahan dan pengalaman sehari-hari," urainya.

Acha pun berpendapat bahwa pendidikan di Indonesia masih perlu perbaikan lagi. Terlebih untuk jenjang pendidikan tinggi, baik universitas swasta dan negeri harus sama-sama dibangun.

"Kita juga harus majuin standart Indonesia. Kalau bisa, universitas sama-sama kita bangun. Negerinya luar biasa, swasta juga keren. Keluaran Universitas Indonesia juga bisa dapat recognition dari luar. Di luar bisa dapat S2 yang bagus-bagus. Kakak aku di UI Sarjana Hukum, dia kulaih di luar dapat S2," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment